Kamis, 17 Oktober 2019

Cara dan Tips Belajar Gitar untuk Pemula

Cara dan Tips Belajar Gitar untuk Pemula


Belajar Gitar
bukubiruku.com
Dalam bermain gitar, kamu akan melibatkan jiwa dan perasaan seseorang. Untuk itu jika kamu ingin belajar gitar dengan cepat dan mudah, kamu harus bisa menjiwai antara senar yang kamu petik dengan diri kamu sendiri, dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk memahami.

1. Pilihlah Instruksi dari Buku / Internet

Internet merupakan tempatnya ilmu. Apapun yang kamu butuhkan selalu tersedia di internet. Kamu bisa memanfaatkan untuk belajar gitar dengan otodidak. Seperti dalam artikel ini, kita mencoba mengulas tentang bagaimana cara belajar gitar yang mudah untuk pemula.
Selain itu, agar kamu terus konsisten belajar dan latihan, cobalah buat agenda harian. Selain itu kamu bisa membuat sebuah target khusus. Hal ini dilakukan agar kamu dapat menguasai cara bermain gitar dengan waktu yang singkat.
Semua tergantung niat dan semangat yang kamu miliki. Paling tidak dalam waktu 1 bulan kamu sudah harus bisa membawakan sebuah lagu untuk dimainkan.

2. Belajar Dari Musisi yang Profesional

Setelah kamu mampu mengasai chord gitar dasar, tingkatkan lah kemampuan yang kalian miliki. Salah satu untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah dengan sering melihat musisi favotitmu sedang pentas.
Dengan begitu akan timbul motivasi sendiri untuk selalu berlatih agar kamu bisa seperti dia. Itulah salah satu cara bagaimana kamu bisa mahir dalam bermain gitar dengan cepat.

3. Pelajari Bagian Bagian Pada Gitar

Nah hal ini juga merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Kamu harus mempelajari bagian-bagian yang terdapat dalam gitar. Hal ini nantinya akan menambah wawasan kamu tentang bagaimana menghasilkan sebuah suara yang enak untuk di dengar.

4. Latihan Secara Rutin

Teori saja tidak cukup untuk membuat kamu mahir dalam bermain gitar. Oleh karena itu kamu juga harus latihan secara rutin agar tangan kamu terbiasa untuk menekan senar sesuai chord gitar dasar.
Yang tadinya belum terbiasa, ketika kamu berlatihan secara terus menerus kamu akan menjadi biasa dan pada akhirnya menjadi mahir. Kamu bisa meluangkan waktu kosong untuk latihan belajar gitar. Kalau kesulitan belajar otodidak, kamu bisa didampingi oleh teman atau keluargamu yang mahir dalam bermain gitar.

5. Melatih Memori Otot Tangan

Ketika kamu udah bisa menyesuaikan jari kamu dengan chord dasar gitar, maka latihan selanjutnya adalah berlatih memainkan gitar tanpa melihat senar gitar kamu. Caranya bagaimana ? Iyaa seperti yang udah dijelaskan diatas, kamu harus terus sering latihan, agar tangan kamu terbiasa dengan posisi senar dan fretnya.
Cobalah fokus pada sebuah lagu, sampai pada akhirnya kamu bisa memainkan lagu tersebut tanpa melihat senarnya. Latihan terus dan terus ðŸ™‚

6. Kelola Kepalan Pada Ujung Jari Kamu

Lantas bagaimana kalau tangan saya ukurannya terlalu kecil sehingga tidak bisa memegang gitar dengan sempurna ? Kamu cukup membuang istilah tidak bisa tersebut. Gantilah menjadi “saya harus bisa” maka nantinya kamu akan bisa dan akan terbiasa untuk memegang gitar dengan sempurna.

7.  Bangun Kekuatan Fret Tangan Kamu

Kamu bisa melatih kekuatan fret tangan kamu dengan cara meremas sebuah objek yang mirip seperti bola selama kurang lebih 5 menit. Hal ini bertujuan agar tangan kamu tidak kaku dalam memainkan gitar
Jika tidak ada objek yang seperti bola, kamu juga bisa menggunakan squishyatau spons untuk melatih kekuatan fret tangan kamu.8. Mulailah untuk Memainkan Sebuah Laguo
Setelah melalui tahapan yang sangat panjang, pasti kamu sekarang udah mulai terbiasa untuk memainkan gitar. Nah, inilah saatnya kamu berlatih untuk memainkan sebuah lagu.
Intinya jika kamu belum bisa menguasai sebuah lagu, kamu tidak boleh dulu untuk pindah ke lagu lainnya. Fokus dulu dengan satu lagu, kalau sudah mahir baru boleh pindah.
Itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara belajar gitar yang mudah untuk kamu yang pemula. Semoga dapat menambah wawasan kamu ðŸ™‚
Gulirkan kembali ke puncak laman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar